Minggu, 22 Oktober 2017

Pantai Tiga Warna - Explore Malang

Pantai Tiga Warna adalah salah satu surga tersembunyi yang terletak di daerah Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Sudah lama sekali aku ingin berkunjung ke tempat ini, akhirnya kesampaian juga.. Hehehe. Bisa dimaklumi karena Pantai Tiga Warna masuk ke dalam daerah konservasi alias dilindungi, oleh sebab itu untuk tetap menjaga kelestarian pantai tersebut dan ekosistemnya jumlah wisatawan dibatasi setiap harinya dan setiap wisatawan pun harus mengikuti peraturan ketat yang dibuat pengelola untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari.

Untuk menuju ke pantai ini juga butuh perjuangan, karena dari pos pertama di Clungup Mangrove Conservation kita harus berjalan kaki kurang lebih empat puluh menit melewati hutan dan Pantai Gatra baru nantinya kita sampai di Pantai Tiga Warna yang indah. Sebelum pergi ketempat ini usahakan kalian reservasi terlebih dahulu melalui telepon atau sms ke pihak pengelola agar tidak kehabisan kuota saat berkunjung ke tempat ini. Bagi kalian yang sudah reservasi, nanti bisa melakukan konfirmasi kunjungan di pos kedua.

Aku menikmati banget waktu tracking disini, jiwaku menikmati setiap ranting yang menyapa lembut, setiap daun hijau yang tersenyum, setiap batu yang kadang menjadi sandungan, setiap debu yang terjadi karena gesekan kaki yang mulai lelah dan setiap terik matahari yang membakar kulit. Suatu kenikmatan yang hakiki banget.

Ketika sampai di pantai Tiga Warna, aku langsung seperti orang yang jatuh cinta dan tergila-gila banget dengan pantai ini. Pasirnya yang putih, gradasi air lautnya yang luar biasa indah dan  pemandangan gundukan-gundukan batu mirip kaya raja ampat versi jawa ada disini. Tanpa pikir panjang aku langsung bersemangat untuk snorkeling, wih mantap bukan main! ekosistem disini masih sangat terjaga, aku menemukan banyak sekali jenis-jenis ikan laut yang berkeliaran kesana kemari, yang kurang dari tempat ini hanyalah warna karangnya yang cenderung gelap semua, tetapi overall tempat ini amazing banget, aku sampai-sampai lupa waktu kalau sudah snorkeling disini.

Bicara tentang pantai Tiga Warna memang ga akan ada habisnya, tapi ada 3 fakta tentang pantai ini yang harus kalian ketahui.
  1. Pantai Tiga Warna tidak selalu berwarna tiga, saat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai ini secara maksimal adalah ketika air laut sedang pasang, gradasi warna pada pantai ini akan terlihat tidak hanya warna biru tua dan biru muda, namun kamu juga bisa melihat warna hijau.
  2. Kelestarian tempat ini sangat dijaga, selain karena statusnya sebagai tempat konservasi, ekosistem di tempat ini begitu kaya. Untuk menunjang hal tersebut, pengelola selain membatasi jumlah pengunjung, mereka juga berusaha untuk membuat terumbu karang buatan sebagai tempat tinggal bagi para ikan dan selalu menjaga kebersihan pantai.
  3. Disini kamu bisa melihat berbagai jenis ikan yang keren, namun kita tidak diperbolehkan untuk free dive / menyelam bebas. Setiap pengunjung diwajibkan untuk menggunakan pelampung dan peralatan snorkeling, selain untuk menjaga keselamatan, hal tersebut juga untuk menjaga terumbu karang supaya tidak terinjak oleh para wisatawan.
Bagi kalian yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, mungkin informasi dan harga tiket dibawah ini bisa menjadi referensi. Namun info ini terakhir saya dapatkan pada bulan September 2017. Jadi mungkin saja info dibawah ini bisa berubah sewaktu-waktu ketika anda berkunjung ketempat ini.
  • Parkir Motor : 2.000
  • Parkir Mobil : 5.000
  • Tiket Masuk : 5.000
  • Sewa Guide : 100.000 / grup ( 1 grup = 10 orang )
  • Sewa Peralatan Snorkeling : 15.000 ( kacamata dan pelampung )
Oh iya, satu hal lagi nih yang penting untuk teman-teman traveler ketahui saat berkunjung ke tempat ini. Usahakan agar meminimalkan untuk membawa barang-barang yang berpotensi menjadi sampah, misalnya saja plastik, kertas dan makanan ringan. Karena saat masuk ke daerah ini nanti seluruh barang yang kita bawa akan di data dan apabila saat kita keluar jumlah sampah tidak sesuai dengan data barang yang kita bawa tadi maka akan dikenakan denda sebesar seratus ribu rupiah per-item. Hal ini untuk membiasakan kita disiplin untuk ikut menjaga alam tetap bersih tanpa sampah.

Semoga sharing yang saya bagikan seputar Pantai Tiga Warna ini bisa bermanfaat bagi teman-teman traveler yang ingin explore pantai indah tersebut. Apabila konten ini bermanfaat bagi kalian, jangan lupa share dan tinggalkan komentar ya. Seperti biasa, artikel ini akan saya akhiri dengan beberapa momen-momen yang sempat saya abadikan di pantai Tiga Warna.

Perjalanan Melewati Hutan Menuju ke Pantai Tiga Warna

Spot Foto CMC Ditengah Perjalanan

Menikmati Keindahan Pantai Tiga Warna

Bermain Pasir di Pantai Tiga Warna

Baby Traveler Idola Gue

Sumber : Joshua Favian
Baca selengkapnya

Jumat, 13 Oktober 2017

Goa Pinus - Temukan berbagai spot foto anti mainstream disini

Heiiii gaesss ! Hahaa.. Kalau mau berbicara tentang wisata alam di Kota Batu itu memang ga pernah ada habisnya, selalu ada aja yang bisa di explore. Karena itu Malang Raya menjadi surga bagi para traveler tidak terkecuali bagi warga domestik sampai juga warga asing. Tidak salah daerah Batu sering dijuluki sebagai Kota Wisata, terbukti Batu adalah salah satu tujuan traveling favorit di Jawa Timur.

Ada satu tempat wisata yang bakal aku ulas kali ini masih di sekitar Batu, yaitu Goa Pinus.. jeng jeng jeng.. *backsongnya bergemuruh.. Hahaha. Goa Pinus adalah salah satu wisata alam yang terletak di daerah Paralayang, Pujon, Kota Batu, Jawa Timur Indonesia. Akses ke Goa Pinus juga cukup gampang, letaknya tidak sampai ke paralayang kok, sebelum masuk ke kompleks paralayang itu nanti kamu tinggal lihat ke kiri dari arah Batu Kota nanti disitu ada tulisannya Welcome to Goa Pinus.

Meskipun namanya Goa Pinus, tetapi tempat ini justru tidak menjual Goa-nya sebagai tempat wisatanya, karena bisa aku bilang Goa nya juga biasa aja sih, ga ada yang spesial. Goa yang dimaksud disini adalah goa yang diameter kurang lebih satu setengah meter dan menjorok ke dalam sekitar lima meter. Namun seperti yang saya bilang, tidak ada yang terlalu spesial dari goa tersebut selain mitosnya yang konon goa tersebut adalah peninggalan jepang dan sebagian masyarakat lagi menyebutnya sebagai bekas galian pertambangan.

Rumah Bulat
Hal yang menurut saya menarik dari Goa Pinus ini adalah pemandangannya yang menjadi ciri khas dataran tinggi Batu, dimana pohon pinus juga menjadi salah satu objek vital tempat ini. Disini kamu juga bisa menemukan rumah bulat khas papua loh ! ada beberapa rumah bulat disini yang membuat tempat ini keren banget, karena menampilkan juga keragaman budaya. Tidak hanya itu loh, disini kamu juga bisa menemukan beberapa spot foto yang instagramable banget, seperti perahu dan sangkar yang bagus banget untuk dibuat foto-foto.

Tempat wisata ini masih tergolong baru, masuk ke tempat ini kamu cuma perlu merogoh kocek sebesar lima ribu rupiah saja, mungkin karena tempat ini juga masih dalam tahap pembangunan karena masih banyak spot spot yang belum terselesaikan. Namun tarif tiket bisa saja berubah sewaktu-waktu, tetapi liburan kesini pasti membuat kamu senang banget karena suasana alamnya yang indah banget. Kalau aku pribadi sih memang suka banget dengan suasana hutan yang tenang dan sejuk, rasanya bikin adem di hati aja.

Mungkin sekian dulu ulasan singkat dari Goa Pinus ini, sama seperti tempat wisata lainnya mungkin bila anda mengunjungi Goa Pinus pada weekend akan cukup ramai pengunjung. Tetapi kesini ga bakalan nyesel deh.. hehehe.. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang rencana liburan ke kota batu ya.

Apabila kalian masih penasaran dengan tempat wisata yang satu ini, langsung aja simak video selengkapnya dibawah ini yah.


Sumber : Joshua Favian
Baca selengkapnya

Hidup Dalam Cermin

Kehidupan kita ini bagaikan manusia dalam cermin. Saat melihat cermin kita seperti melihat diri kita sendiri.

Sama seperti di kehidupan sehari-hari kita akan diperlakukan orang lain sama seperti cara kita memperlakukan orang lain.

Ketika kamu membenci orang lain, sebenarnya kamu membenci sifat burukmu yang ada di dalam orang tersebut, begitu juga halnya saat kamu menyukai orang lain.

Tapi bukan berarti kaca akan selalu menampilkan bayanganmu, sesekali mungkin kita juga akan diperlakukan tidak seperti yang kita harapkan, mungkin hal ini ibarat kaca yang sudah rusak.


Sumber :
- Gambar Artikel
Baca selengkapnya

Belajar Dari Hutan

Aku paling suka ketika traveling harus tracking melalui sebuah hutan, aku menikmati setiap langkah yang ku ambil, lembutnya angin yang berhembus dan terik matahari yang menghitamkan kulit.

Tidak hanya itu, melalui hutan aku belajar banyak hal.

Mereka tidak mampu berbicara, tetapi mereka peduli dan memberikan oksigen bagi mereka yang lewat.

Mereka tidak mampu berjalan, namun mereka melambai lambai ditengah angin sepoi sepoi seolah menyapa dengan gembira.

Mereka tumbuh dengan liar, tetapi mereka tetap menjadi tempat perlindungan yang aman bagi setiap makhluk hidup lainnya.

Satu lagi pelajaran berharga dari hutan, saat kamu memutuskan untuk masuk ke dalam hutan demi menuju ke suatu tempat, itu bagaikan kamu diproses dalam kehidupan untuk mencapai tujuan kamu. Kamu akan bertarung melawan lelah, berlatih untuk sabar dan mencoba mengendalikan ego sampai akhirnya kamu bisa sampai ke tempat yang kamu harapkan.
Baca selengkapnya