Senin, 28 September 2015

Wisata Air Sumber Sira - Explore Malang

Sumber Sira adalah sebuah wisata air yang terletak di daerah Gondanglegi, kabupaten Malang. Menuju kelokasi ini hanya sekitar 20 menit saja dari kota Malang, ke arah Gondang legi, lalu setelah melewati pabrik biji plastik Pioneer lalu belok kiri masuk gang dan lurus mengikuti petunjuk yang terpampang di persimpangan jalan.

Di tempat ini terdapat kolam pemandian yang masih alami dan terletak disebelah sawah. Airnya yang bening dan terdapat beragam tanaman air tawar menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Suasana yang sejuk dan pemandangan alam yang bagus menjadi nilai tambah lokasi ini.

Pengunjung hanya dikenakan tarif 1000/orang untuk masuk ke area ini, disini juga menyediakan toilet, jualan makanan dan jualan plastik kamera. Plastik kamera? ya.. pengunjung disini rata-rata sering berfoto dengan menyelam sambil menikmati berbagai tumbuhan air yang terdapat di tempat wisata ini.

Sayangnya waktu saya kesini, pengunjung lumayan banyak, hal ini menyebabkan air menjadi keruh karena pergolakan pasir dari para pengunjung lain yang sedang bermain air, oleh sebab itu saja mengurungkan niat untuk mengambil gambar saat menyelam di tempat terasebut. Bila teman-teman penasaran, bisa cek di google bagaimana keindahan dalam air Sumber Sira ini, sudah banyak juga yang mengulas tempat ini. hehehe.

Baca selengkapnya

Kamis, 24 September 2015

Dua Gol Flamini Bawa Arsenal Singkirkan Spurs Pada Capital One Cup

Pertandingan derby yang sangat seru terjadi pada ajang Capital One Cup 24 September 2015 dini hari tadi (WIB). Mempertemukan antara Arsenal dan Tottenham Hotspur, duel yang seru dengan mempertontonkan aksi jual beli serangan.

Akhir pertandingan skor 2 - 1 kemenangan untuk kubu The Gunners, 3 goal yang terjadi berlangsung sangat dramatis. Goal pertama dilesakan oleh Flamini dengan memanfaatkan bola rebound sebelumnya tendangan keras oleh Oxlade Chamberlain. Goal kedua adalah kesalahan pemain belakang Arsenal yaitu Calum Chambers yang berusaha menghalau bola namun masuk ke jala gawang sendiri.

Namun Flamini berhasil mengunci kemenangan Arsenal melalui goal terakhir, memanfaatkan bola liar yang melambung tinggi, Flamini memutuskan untuk melakukan tendangan first touch dan hasilnya goal yang sangat indah tercipta di laga tersebut.

Flamini gembira dengan hasil yang diraih oleh timnya tersebut, dia mengatakan bahwa dua goal tersebut dipersembahkan untuk para fans the Gunners yang selalu mendukungnya dan tidak ada cara lain selain melakukan selebrasi bersama mereka (fans). Wenger pun bahagia dengan hasil yang diraihnya, dia pun mengatakan bahwa Flamini bermain sangat bagus dan berani mengambil keputusan untuk melakukan tendangan saat bola liar adalah suatu gol yang sangat berkelas.

Dengan hasil tersebut Arsenal berhak maju ke putaran selanjutnya Capital One, sedangkan Spurs harus tersingkir dari ajang tersebut.

Sumber : TribunNews
Baca selengkapnya

Minggu, 20 September 2015

Gabriel vs Koscielny

Tadi malam adalah malam yang cukup kelabu untuk para fans Arsenal karena the Gunners harus takluk oleh Chelsea dengan 9 pemain dan skor telak 2-0, setelah Gabriel diusir di akhir babak pertama dan Cazorla kartu kuning kedua di menit 80an. Aktor utama dibalik mimpi buruk yang terjadi tadi malam tidak lain adalah pemain lama, ya siapa lagi, dialah Diego Costa !

Pemain ini awalnya terlibat masalah dengan Koscielny dan sempat mendorong Koscielny. Lalu Gabriel yang berusaha melerai malah terlibat percekcokan dan bertengkar dengan Costa akhirnya menerima kartu merah. Namun saya tidak sepenuhnya menyalahkan wasit dan bagi saya tingkah provokasi Costa diatas lapangan hanyalah sebuah lagu lama dan saya tidak akan membahas masalah tersebut lebih dalam pada artikel kali ini, karena yang akan saya bahas adalah sikap Gabriel dibandingkan dengan sikap Koscielny.

Baca selengkapnya

Jumat, 18 September 2015

Fransoa - Aku Lapar ! Gokil 43 Masakan Indonesia Dalam Satu Lagu

Tadi malam di acara Kick Andy saya nonton Guest Starnya Fransoa, acara tersebut ditutup dengan lagu mereka yang judulnya Aku Lapar. Melihat gaya mereka di atas panggung sungguh membuat perut saya sakit menahan ketawa, walau sebenarnya sebelum mereka tampil di TV saya sudah pernah melihat video mereka di Youtube. Dalam hati saya, wah ternyata ada orang luar negeri yang cinta Indonesia sampe segitunya yah, terus pemuda Indonesia sendiri gimana nih ceritanya? tapi sebenarnya saya juga bertanya-tanya, ini bule stress darimana toh.. hahaha.. tapi bagi saya lagu-lagu seperti ini lebih menghibur, sekalian menghapalkan nama masakan-masakan asal Indonesia (ada maknanya) daripada mendengarin lagu dangdut jaman sekarang yang isinya cuma sakit hati dan cuma bisa bikin galau hidup loe! Lalu pada akhirnya saya coba cek-cek wikipedia, akhirnya ketemu deh ternyata ini bule asalnya dari Prancis, berikut kutipan dari  mbah Wikipedia tentang si bule mbanyol satu ini.

Fransoa, yang nama sebenarnya adalah Francois Xavier Renou, adalah seorang Prancis yang tinggal di Indonesia. Walau Fransoa sebetulnya bekerja di bidang perhiasan dan aksesori, dia mulai bergerak di bidang musik. Dia menulis dan menyanyi lagu dalam bahasa Indonesia, terutama dengan mengambil inspirasi dari lagu populer Prancis tahun 1960-an, seperti lagu karya penyanyi Prancis Claude Fran├žois.

Bagi yang penasaran dengan lagunya kaya gimana, sebelumnya saya cantumkan lirik lagu Fransoa - Aku Lapar, siapa tau ada teman-teman yang mau ikutan nyanyi.. Hahaha..

Baca selengkapnya

Cumi Bumbu Merah, Tira Mi Zu, Coffe Latte


Minumannya oke, suasananya oke pake "bgt" anda bisa melihat suasana kota Malang dari ketinggian, makanannya ini bisa dikasih jempol, walau harganya relatif mahal, tapi sesuai dengan hasilnya. Cumi bumbu merahnya enak, bumbunya pedes pas dan gurih banget, cuminya kurang mateng dikit, tapi mantap banget udah rasanya, maknyoosss.. hehe :)

Baca selengkapnya

Mie Nagini dan Nasi Goreng Zombie


Pertama masuk ke rumah makan ini anda akan disapa oleh karyawan seperti ini "Selamat datang Monster.." LOL banget.. setiap masakan memiliki level pedas dari 1 watt, 100 watt sampai ada yg 1000 kilo watt.. rasa nasi gorengnya gurih, rempahnya kerasa banget.. asinnya juga pas.. kalau mienya gurih dan renyah pake banget.. minumannya jeruk lemon juga kecutnya pas dan yg penting yaitu ga kemanisan.. hehe

Baca selengkapnya

5 Alasan Giroud Selalu Dikritik Tajam Oleh Para Fans The Gunners

Na.. Na.. Na.. Na.. Giroud.. itulah yang sering kali menjadi jargon para fans di sosial media ketika Olivier Giroud atau G12 ini mencetak goal ke gawang musuh. Striker asal Prancis ini sebenarnya adalah salah satu pemain dengan talenta yang luar biasa yang dimiliki oleh Arsenal. Sebelum bergabung dengan skuad the Gunners, Giroud terlebih dahulu membela klub asal Prancis yaitu Montpellier. Bersama klub tersebut Giroud berhasil menjadi top scorer dan mengantarkan Montpellier menjadi juara liga Prancis.

Postur tubuh yang tinggi dan atletis adalah modal penting Giroud untuk menjadi striker tajam. Namun selama perjalanan karirnya di Arsenal, permainannya cenderung tidak stabil atau angin-anginan, kadang bagus, kadang juga bikin gemes para fans, bukan karena mukanya mirip Adam Levine (Vokalis Maroon - 5), tapi karena terkadang cara bermainnya yang dianggap terlalu pasif, sehingga Giroud sering sekali mendapat kritik tajam dari para fans the Gunners. Apa sih yang membuat hal demikian terjadi, berikut 5 alasan mengapa Giroud sering dikritik oleh para fans the Gunners :

Baca selengkapnya

Kamis, 17 September 2015

Tips : 5 Jurus Pintar Menggunakan Sosial Media

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin merajalela pula sosial media di jaman serba internet ini, sebut saja beberapa nama tenar sosial media seperti Frienster (jaman dulu), Facebook, Twitter, Linkedin, Google Plus, Instagram, Path dan masih banyak lainnya.

Banyak sisi positif dari sosial media tersebut, misalnya saja untuk mengenal orang lebih luas, untuk mengetahui berita lebih cepat, untuk mempermudah seorang publik figur dalam membangun citra diri dan masih banyak sisi positifnya terlebih lagi buat yang jomblo agar terbebas dari penderitaannya.. hahaha..

Namun disatu sisi, sosial media juga memiliki dampak yang kurang baik, diantaranya tumbuh suburnya berbagai isu yang kebenarannya masih dipertanyakan, selain itu seringnya menjadi ajang penipuan dengan berbagai modus dan masih banyak hal lainnya.

Oleh sebab itu sosial media ini harus digunakan secara tepat agar kita terhindar dari pengaruh negatif sosial media dan kita bisa lebih bijak di dalam menggunakan media ini. Berikut Tips 5 Jurus Pintar Menggunakan Sosial Media :

Baca selengkapnya

Rabu, 16 September 2015

5 Peraturan Unik Dalam Sejarah Sepak Bola Modern



Siapa yang tidak suka sepak bola? ada dong.. wkwk.. tapi hampir kebanyakan pecinta olahraga juga menyukai sepak bola, termasuk saya. Hehe. Kali ini saya akan bercerita tentang 5 peraturan unik dalam sejarah sepak bola, yang mungkin jarang orang yang tau. Karena peraturan-peraturan ini tidak berlaku di semua liga dan hanya di momen-momen tertentu sehingga jarang kita lihat di televisi. Peraturan ini saya check terakhir masih berlaku tahun 2015, saya tidak tau apakah kedepannya masih diberlakukan atau tidak, jadi tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada perubahan kebijakan lagi di masing-masing Liga. Oke tanpa basa basi lagi, sekarang apa sih 5 peraturan sepak bola yang unik itu?

Baca selengkapnya

Ulasan Buku : Biografi Andy Noya - Kisah Hidupku

Buku ini saya beli kurang lebih sebulan yang lalu di toko buku Gramedia kota Malang, baru sekarang saya selesai bacanya. Selain karena kegiatan setiap hari yang cukup padat sehingga waktu membaca hanya saat malam untuk pengantar tidur, saya juga sebenarnya bukan orang yang terlalu maniak baca artikel hard copy (kecuali berita atau koran). Lalu mengapa saya beli buku ini?

Singkat cerita, saya senang sekali mengikuti acara Kick Andy Show yang biasa diputar setiap Jumat malam di Metro TV dan diputar ulang hari minggu siang di TV yang sama tentunya. Bagi saya acara ini sebagai salah satu pelopor acara inspiratif yang mendidik di era modern sekarang ini, dimana kita ketahui banyak sekali sekarang program TV yang menampilkan acara yang kurang bermutu dan isinya cuma sensasi demi mendapatkan rating penonton yang tinggi, walau terkadang bisa terkesan kurang mendidik pagi penontonx itu sendiri.

Pada awalnya saya nonton acara ini saya langsung suka, bukan karena pembawa acaranya yang kribo dan terlihat aneh, tetapi karena memang acara ini menampilkan orang-orang yang bisa memberikan inspirasi di dalam kehidupan sehari-hari. Namun lama-kelamaan saya penasaran, siapa sih ini hostnya? Karena jujur saya baru mengenal Andy Noya ya cuma lewat acara itu saja.

Baca selengkapnya

Selasa, 15 September 2015

Media PHP Para Gooners

Dari jendela bulan Juni 2015 kemarin, media-media dalam dan luar negeri selalu santer mengabarkan bahwa salah satu striker kelas dunia (Karim Benzema, Edison Cavani, Higuain, Ibra) akan dibeli oleh Wenger ke Emirates Stadium markas dari Arsenal pada jendela transfer bulan Agustus. Tetapi apa daya para fans yang melihat kekurangan daya serang tim London Utara itu hanya bisa gigit jari ketika Wenger tidak membeli satupun striker kelas dunia, bahkan dalam jendela transfer, Wenger hanya membeli Peter Cech dari Chelsea.

Hal ini sungguh sangat bertolak belakang dengan rival sekelas yang menghabiskan dana puluhan juta pounds. Para fans yang sangat berharap tim kesayangannya mendapatkan Striker baru untuk memberikan saingan di posisi Giroud yang masih sering bermain dengan tidak konsisten, menjadi ajang PHP (pemberi harapan palsu) oleh media-media berita, untuk sekedar menambah sensasi, mencari rating web atau sekedar memanaskan kondisi.

Baca selengkapnya

Tips : Cara Memperbaiki Masalah Proximity Sensor Pada Xiaomi Redmi 2

Beberapa bulan yang lalu saya membeli handphone Xiaomi Redmi 2. Handphone ini menurut saya termasuk hp yang powerfull dengan harga yang cukup terjangkau. Kelebihan yang saya dapatkan yaitu kinerja yang tidak lambat, hp tidak cepat panas dan hal yang paling penting yaitu tidak boros baterai dibadingkan dengan hp sekelasnya.

Namun ada satu kelemahan yang tidak sengaja saya temukan, ketika saya install aplikasi Whatsapp. Di Whatsapp terdapat fitur Phone Calling, alias telepon melalui aplikasi Whatsapp. Anehnya, setelah install Whatsapp setiap kali saya coba telepon atau terima telepon via Whatsapp ataupun tidak via Whatsapp, hp saya selalu tiba-tiba blank, layar menjadi hitam tetapi hp tetap menyala dan telepon pun tetap jalan, namun saya tidak bisa menekan tombol apapun saat layar berubah hitam tersebut sampai telepon selesai atau ditutup dari orang yang anda telepon atau menelepon.

Nah dari ini saya bingung juga, repot kan kalau mau Whatsapp Call bila layar selalu blank dan tidak bisa tutup telepon. Akhirnya saya coba untuk cari tahu dan saya temukan istilah Proximity Sensor. Apa itu Proximity Sensor? Jadi begini, pada hp keluaran baru biasanya selalu dilengkapi dengan fitur ini, fungsinya bila anda sedang menerima telepon dan hp anda tertutup oleh telinga, maka keadaan layar anda akan berubah menjadi gelap. Fungsinya agar saat anda menerima telepon, tombol-tombol pada screen tidak akan tertekan secara tidak sengaja. Hal ini juga berlaku saat anda menaruh hp di saku, jadi tombol di layar tidak tertekan sehingga tidak terjadi salah pencet.

Baca selengkapnya

Senin, 14 September 2015

Ulasan Film : Maze Runner - The Scorch Trials

Filem ini adalah seri kedua dari sequel Maze Runner yang sebelumnya tayang pada tahun 2014 kemarin. Filem ini melanjutkan kisah perjuangan dari Thomas dan teman-teman setelah keluar dari labirin dan ditampung di sebuah markas besar oleh regu yang menyelamatkan mereka.

Singkat cerita Thomas menyadari bahwa ada hal yang tidak beres dengan regu tersebut. Singkat cerita Thomas bertemu dengan Aris yang menunjukan sebuah informasi yang akhirnya menuju kepada suatu kesimpulan yaitu regu yang menyelamatkan mereka itu masih tergabung dalam organisasi WICKED, dimana organisasi itu juga yang telah mengurung mereka didalam labirin.

Dengan segera Thomas, Teresa, Minho, Aris, Winston, Newt dan teman-teman lainnya melarikan diri dari markas tersebut dan mereka mendapati bahwa dunia luar telah hancur dan berantakan. Mereka keluar dengan tujuan menemukan Right Arm, yaitu kelompok perlawanan terhadap WICKED, dimana dari informasi yang mereka dapati kelompok tersebut berada di sebuah Gunung yang lokasinya cukup jauh untuk ditempuh.

Singkat cerita di dalam perjalanan mereka menemukan Right Arm, mereka sering diserang oleh makhluk menyerupai zombie yang disebut dengan Cranks yang jumlahnya tidak sedikit. Suatu hari saat mereka diserang, salah satu teman mereka yaitu Winston terkena gigitan dari serangan Cranks.

Baca selengkapnya

Ulasan Film : The Maze Runner

Filem ini diangkat dari novel karya James Dashner (2009), yang ditayangkan di bioskop pada tahun 2014. Filem ini dimulai dengan aktor utama Thomas yang terbangun di elevator dan terjebak pada sebuah labirin besar bersama beberapa orang lainnya, salah satunya Mino sang pemimpin The Runner.

Hari demi hari mereka terus mencari jalan keluar dari labirin tersebut dengan cara menjelajah setiap sudut labirin dimana setiap area memiliki tantanganny masing-masing, belum lagi monster yang ada di dalam labirin tersebut.

Filem ini cukup menegangkan dimana ketika ada adegan Thomas, Minho dan Alby terjebak di dalam labirin. Dikisahkan bahwa orang yang terlambat kembali dari labirin ketika waktunya tiba, tidak akan pernah selamat kembali lagi. Namun secara dramatis Thomas berhasil kembali dan menyelamatkan teman-temannya tersebut setelah mengalahkan seekor monster laba-laba yang ternyata adalah robot ciptaan WICKED.

Baca selengkapnya

Jumat, 11 September 2015

Programmer Behind The Scene

Yah.. kali ini saya akan menceritakan sedikit cerita dibalik layar tentang kehidupan seorang programmer.. hehe.. Perlu diketahui bahwa saya masih termasuk didalam golongan pemula atau biasa disebut junior programmer, ya kira-kira dua tahunan lah masuk dunia kerja dihitung dari saya lulus kuliah.. Jadi mungkin bila saya masuk ke dalam tahap selanjutnya, saya akan memiliki pandangan yang berbeda lagi dari apa yang saya sampaikan hari ini.. jadi harap dimaklumi ya.. hehehe..

Mulai dari awal mencari kerjaan, bagi seorang programmer bisa dibilang tidak terlalu susah didalam mencari pekerjaan, bahkan anda bisa menciptakan lapangan kerja anda sendiri, contohnya dengan freelance atau bisnis e-commerce.

Namun disisi lain, bagi orang-orang yang kurang paham IT, istilah programmer itu kurang lebih masih sodaraan sama tukang komputer, orang yang paham segala tentang IT, bahkan dikira teknisi segala macam gadget.. haha.. padahal jauh amat.. Dunia IT memang sangat luas cangkupannya, programmer anggapannya adalah salah satu spesifikasinya, jadi jangan dianggap programmer itu dewa yang bisa dan paham segalanya tentang IT, bahkan setiap pemrograman itu punya jenis bahasa masing-masing.. hahaha..

Baca selengkapnya

Kamis, 10 September 2015

Namanya Juga Wakil Rakyat

gambar dari dilelang(dot)id
Beberapa hari terakhir ini heboh kabar berangkatnya para petinggi DPR ke Amerika dan sempat hadir pada kampanyenya calon kuat presiden Amerika yaitu Donald Trump. Jangan tanya saya apa dia masih ada hubungannya dengan restoran cepat saji McDonald's.. Hahahaha..

Yang saya heran, apakah tidak ada kode etik yang mengatur tentang batas keterlibatan politik dengan negara lain pada anggota DPR Indonesia? Kan si pak Donald belum tentu jadi presiden, seharusnya bila mau kerjasama negara harus yang pasti-pasti dong, bukankah lebih baik bila bersikap netral pada kampanye negara lain? Jadi bisa saling jaga sikap, jalin hubungan timbal balik boleh lah nanti kalau sudah resmi menjabat jadi kepala negara, lha semisalnya kompetitornya yang malah jadi, bisa berabe kan.

Lha kalau masih kampanye gini, apa kata dunia? Apalagi si pak Donald langsung memanfaatkan situasi tersebut pada kampanyenya.. emangnya dibayar berapa sih? Apalagi dikutip beberapa media bahwa pergi kesana pun juga menggunakan uang negara yang tidak sedikit.. weleh weleh.. mungkin juga hanya saya disini yang sebagai orang awam dan juga tidak paham teknik politik para pejabat negara kita ini, jadi ya terserah saja lah.. tapi bagi saya, namanya juga wakil rakyat.. bisa dimaklumi.. (muka ga ikhlas)

Baca selengkapnya

Wow..! TNI Terima 12 Pemain Sepakbola, Diantaranya Pemain Timnas

detikSport/Rengga Sancaya
Wah wah.. berita yang cukup mengejutkan baru saya baca dari harian detik(dot)com. TNI terima 12 pemain sepakbola, 7 diantaranya mantan pemain timnas U-23 , salah satunya kiper berbakat yaitu Ravi Murdianto.

Yah memang bukan suatu hal yang harus disesali juga mengingat kondisi persepakbolaan Indonesia yang saat ini masih belum stabil, pasti setiap pemain sepakbola akan lebih realistis dalam menentukan tujuan hidup mereka masing-masing.

Setiap orang pastinya juga berpikir hal yang sama, bila tidak ada kompetisi maka tidak akan ada penonton, tidak ada sponsor, otomatis tidak akan ada gaji yang masuk kepada para pemain bola ini, hal ini yang mungkin menjadi pertimbangan para pemain sepak bola ini.

Yah namanya nasi sudah menjadi bubur, mau menyalahkan keadaan pun percuma, menunggu kestabilan persepakbolaan Indonesia pastinya juga akan memakan waktu lama, itulah yang menjadi beban para pemain sepak bola saat ini untuk berpikir dua kali dalam meniti karir menjadi atlet sepak bola.

Baca selengkapnya

Rabu, 09 September 2015

Budaya Norak

Indonesia adalah sebagai salah satu pengguna internet terbesar di dunia, bahkan masuk sepuluh besar jajaran negara pengguna internet aktif terbanyak ditahun 2014 (seperti yang saya baca di harian online tribunnews). Wow! Hal ini tentu membuat segala informasi dan pertukaran berita menjadi sangat cepat sekali. Nah, dalam hal ini saya melihat orang Indonesia ini cenderung sangat responsif. Mengapa saya bisa berpendapat demikian? ayo kita coba telusuri beberapa hal terakhir yang terjadi di dunia maya ini selama beberapa tahun terakhir.

Kita bisa lihat dengan media sosial di Indonesia ini bisa mempengaruhi perkembangan politik negara. Kita juga tau karena sosial media juga bisa terciptanya aksi koin keadilan untuk Prita. Hal yang sama juga terjadi pada beberapa tindak penyelewengan hukum yang terekspos, sepertihalnya suap menyuap dan kriminalisasi terhadap orang yang tidak bersalah. Dari hal diatas tentu saja menggambarkan betapa responsifnya warga Indonesia terhadap segala informasi dari internet. Namun sayangnya disisi lain seringkali para netizen ini cepat untuk berkata-kata namun lambat berpikir, sehingga munculah budaya norak yang seharusnya tidak perlu, apalagi ketika terbawa emosi.

Baca selengkapnya

Senin, 07 September 2015

Wisata Kabut Asap

Wisata kabut asap, yah.. inilah yang menjadi beberapa cletukan meme dan status di media sosial dari beberapa warga lokal di pulau Kalimantan yang terkena dampak kabut asap. Setiap tahun di musim kemarau selalu saja kebakaran hutan menjadi masalah utama di pulau Kalimantan dan terkadang juga terjadi di pulau lainnya.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, namun paling banyak terjadi karena ulah manusia itu sendiri. Berbagai kepentingan pribadi menjadi alasan dan alasan yang paling sering ditemui adalah sebagai sarana untuk membuka lahan baru.

Saya sendiri menjalani masa kecil di Kalimantan dan sempat tinggal disana sekitar 15 tahun lebih. Kabut asap setiap tahun sudah menjadi hal yang biasa saya alami ketika musim kemarau, hal itu bisa berlangsung satu minggu, dua minggu, bahkan bisa sampai dua bulan.

Baca selengkapnya