Kamis, 17 September 2015

Tips : 5 Jurus Pintar Menggunakan Sosial Media

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin merajalela pula sosial media di jaman serba internet ini, sebut saja beberapa nama tenar sosial media seperti Frienster (jaman dulu), Facebook, Twitter, Linkedin, Google Plus, Instagram, Path dan masih banyak lainnya.

Banyak sisi positif dari sosial media tersebut, misalnya saja untuk mengenal orang lebih luas, untuk mengetahui berita lebih cepat, untuk mempermudah seorang publik figur dalam membangun citra diri dan masih banyak sisi positifnya terlebih lagi buat yang jomblo agar terbebas dari penderitaannya.. hahaha..

Namun disatu sisi, sosial media juga memiliki dampak yang kurang baik, diantaranya tumbuh suburnya berbagai isu yang kebenarannya masih dipertanyakan, selain itu seringnya menjadi ajang penipuan dengan berbagai modus dan masih banyak hal lainnya.

Oleh sebab itu sosial media ini harus digunakan secara tepat agar kita terhindar dari pengaruh negatif sosial media dan kita bisa lebih bijak di dalam menggunakan media ini. Berikut Tips 5 Jurus Pintar Menggunakan Sosial Media :


1. Jangan Mudah Percaya Dengan Media Yang Baru Bisa Dilihat Kalau Ada Syaratnya


Seringkali pada kasus ini, kita menemukan sebuah gambar yang disharing oleh teman kita ataupun sumber yang tidak dikenal, biasanya gambar terlihat aneh dan dilengkapi dengan keterangan seperti begini "Klik LIKE dan SHARE untuk melihat gambar bergerak, bika masih belum bergerak juga coba komentar dengan kata Lihat". Hal ini terjadi juga di BBM atau Whatsapp, biasanya berbunyi seperti ini "Share pesan ini untuk mengaktifkan fitur terbaru produk" atau "Share pesan ini, bila tidak layanan anda akan mati secara otomatis dalam waktu 24 jam". Ok, dari contoh-contoh di atas, saya ingin katakan pada anda bahwa sebenarnya di sosial media, dengan anda melakukan LIKE, SHARE ataupun KOMEN tidak akan mempengaruhi kerja suatu fitur atau gambar. Logikanya begini, semisal gambar dengan muka Budi bila diupload ya tetap akan menjadi gambar muka Budi, tidak akan bisa berubah menjadi gambar muka Sule cuma gara-gara kita klik Like dan sebagai macamnya, mau diapain juga tetap begitu. Begitu juga dengan fitur suatu sosmed, ga akan dipengaruhi oleh share dan sebagainya, yang mempengaruhi fitur aplikasi ya kalau kita update aplikasinya itu sendiri. Terus kenapa kalau hal ini ga benar tapi sering berkembang di beranda sosmed kita? Modusnya macem-macem, mulai dari modus iseng sampai dengan modus cari kepopuleran, karena semakin banyak yang like atau share, maka semakin banyak yang lihat dan ikut-ikutan juga.

2. Jangan Klik Tautan Yang Tidak Anda Ketahui


Dalam hal ini seringkali kita temukan di beranda sosmed kita berita tentang ini itu yang menyertakan tautan link menuju halaman yang belum kita ketahui, biasanya hal ini dibumbui dengan konten berbau kekerasan atau seks. Saya sarankan anda jangan terlalu kepo bila sumber berita dan konten berita tersebut terlihat kurang meyakinkan. Biasanya link tersebut bila di klik akan mengarahkan anda login ke halaman lain menggunakan akun sosial media anda, bila anda login ke halaman yang tidak anda pahami, maka secara tidak sadar anda memberikan akses informasi sosial media anda kepada orang lain dan akan tersimpan di database, sehingga secara sengaja orang lain bisa menyebarkan konten-konten yang dia inginkan melalui akun sosial media anda. Bahaya bukan andai saja suatu saat tiba-tiba akun sosial anda ngeshare konten porno secara otomatis? Hal ini juga bisa terjadi kepada sahabat-sahabat anda di sosial media. Oleh sebab itu berhati-hatilah.

3. Jangan Termakan Pesan Yang Menyatakan Atas Nama Sosial Media Tertentu

Modus ini paling klasik diantara semua modus, biasanya anda akan dikirimkan pesan melalui akun "yang katanya" resmi, mengabarkan bahwa anda menang undian atau menjadi member yang paling aktif. Jangan tanggapi pesan tersebut, karena nanti ujung-ujungnya cuma cari informasi diri dan akun rekening kita, tujuannya sama untuk menipu dan memeras saja. Logikanya mana ada hari gini mana ada orang ngasih hadiah yang gratisan tanpa ada angin dan hujan? Toh kencing di toilet umum saja bayar. Atau juga biasanya menyatakan atas nama sosial media untuk mendorong kita login di halaman aplikasi tertentu.

4. Kurangi Mengupload Gambar Dan Update Status Yang Tidak Perlu


Kurangi upload foto yang tidak perlu yang menurut anda bisa menjadi bahaya untuk kedepannya, perketat pertemanan anda di sosial media untuk menghindari foto anda disalahgunakan. Misalnya saja foto yang terlampau seksi, bisa saja digunakan orang lain untuk menipu dengan menawarkan jasa esek-esek menggunakan foto anda. Misal lagi foto bayi anda yang baru lahir, pernah kasus kejadian foto bayi tersebut diambil orang lain untuk menipu dengan menawarkan jual beli bayi secara online juga tanpa seijin anda. Perlu kita ketahui sekali kita mengirimkan gambar ke internet, gambar tersebut tidak akan pernah hilang untuk selamanya, karena biarpun anda hapus, orang lain bisa saja telah menyimpan gambar yang sama. Masih banyak lagi dampak dari mengupload foto yang tidak perlu, selain itu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu status. Status dan komentar anda di sosial media biasanya menentukan bagaimana cara orang lain memandang dan menilai anda walaupun dalam kenyataannya belum tentu apa yang dinilai oleh orang lain itu benar, oleh sebab itu saya sarankan agar anda lebih bijak didalam menggunakan kedua fitur ini, kurangi hal-hal yang menurut anda tidak perlu dan bisa merugikan diri anda sendiri kedepannya.

5. Jangan Mudah Terpancing Emosi Akan Berita Yang Masih Belum Jelas Kebenarannya


Dalam hal ini sering sekali kita temukan berita-berita di beranda kita tentang isu-isu mulai dari sosial, politik, hingga agama yang menjadi pembicaraan hangat. Biasanya berita-berita tersebut dilengkapi dengan judul dan headline yang menarik perhatian orang. Namun lucunya banyak sekali orang-orang yang sok pinter komentar pada setiap berita tersebut tanpa memikirkan validitas sumber berita, tanpa membaca isi berita tersebut dan tanpa paham secara jelas pokok permasalahannya dimana. Keadaan ini dimanfaatkan oleh media-media berita untuk mendapatkan pengunjung lebih dengan memanfaatkan emosi mereka, tentu dengan semakin banyak pengunjung maka semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan melalui iklan-iklan yang ada di website mereka. Oleh sebab itu jangan mudah termakan emosi akan berita yang belum tentu benar, semakin anda responsif akan semakin merugikan diri sendiri dan menguntungkan orang lain (yang punya berita), jadilah pembaca berita yang baik, bukan pembaca judul yang baik. Pepatah kuno mengatakan lebih bijak bagi seseorang untuk cepat dalam berpikir, namun lambat dalam berkata-kata.

Sekian tips-tips yang saya bisa berikan berdasarkan pengalaman pribadi saja, mungkin bisa berkembang lagi di lain waku. Harapan saya semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian ya, agar kita bersama-sama menciptakan lingkup sosmed yang lebih baik. Tossss..!

Sumber : Pengalaman Pribadi

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips : 5 Jurus Pintar Menggunakan Sosial Media
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
12 April 2016 14.05

ohhh... seperti itu yah ? makasih deh atas info nya :D
digital marketing agency indonesia

Reply

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)