Senin, 12 November 2012

Beware of The Cyber Bullies

   Oke sobat semuanya, kali ini saya share tentang salah satu Cyber Crime (Kejahatan di Dunia Elektronik) buat sobat semuanya, dan artikel ini saya tulis karena terinspirasi dari kisahnya Amanda Todd, dan artikel ini adalah sebuah penghormatan terakhir dari saya untuk Amanda Todd yang telah meninggal akibat kasus Cyber Bullies.
   Singkat cerita, Amanda Todd adalah seorang anak muda belia yang baru mengenal dunia Facebook. Suatu ketika ada seseorang yang membujuk dia untuk memperlihatkan dadanya di kamera, entah apa yang ada di dalam pikiran Amanda saat itu tetapi dia melakukannya.
   Setelah satu tahun kemudian, seseorang yang tidak dikenal namanya tersebut menteror dirinya, dan memposting foto telanjangnya di facebook. Mulai dari situ si Amanda mulai depresi akibat dijauhi dan dikucilkan oleh teman-temannya, dia dicacimaki dan dihina. Sampai Amanda pindah sekolah dua kali, hal tersebut tetap membayanginya.
   Hal itu membuat dia begitu depresi, dan stress berat. Pada akhirnya dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri. Namun sebelum dia bunuh diri, Amanda sempat merekam video yang berisi tentang kisah hidupnya yang di upload di youtube dan ini membuat banyak orang simpati terhadapnya. Bahkan salah satu organisasi hacker terbesar di dunia membantu dia untuk mengungkap siapa sebenarnya dalang dari penyebaran foto Amanda Todd tersebut.

   Nah, dari kisah ini kita dapatkan pelajaran yang sangat berharga bukan? bagaimana media elektronik dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Karena sangat jelas, tidak semua orang yang anda temui di jejaring sosial, atau di media sosial lainnya adalah orang yang baik. Anda tidak tau apa yang akan terjadi di depan nanti, tanpa anda sadari saat ini semua informasi diri anda sudah anda sebarkan di internet melalui register email, jejaring sosial, aplikasi online, dan lain-lain.
   Bukankah banyak hal berharga yang sudah anda sebarkan di dunia maya ini? antara lain tanggal lahir anda, alamat anda, nomor telepon anda, bahkan relasi anda. Tanpa anda sadari anda membuka semua diri anda di dalam sebuah dunia maya, dan hal ini adalah salah satu jalan masuk untuk kriminalitas. Tentu akan lebih mudah bagi seorang hacker atau penipu untuk membongkar apa yang anda miliki apabila mereka mengetahui identitas anda bukan?
   Maka dari itu, saya menghimbau kepada kita semua agar ini bisa dijadikan pelajaran berharga. Jangan sampai ada lagi korban Cyber Crime yang ada di sekitar kita, maka saya menyarankan agar anda mengikuti beberapa peringatan dibawah ini untuk terhindar dari Cyber Crime!
  • Sebisa mungkin jangan menyimpan informasi penting anda di dalam media elektronik seperti nomor rekening, password ibanking, dan sebagainya.
  • Jangan lupa hapus histori pada browser anda apabila anda menggunakan komputer umum, atau komputer anda digunakan oleh orang lain.
  • Non aktifkan fasilitas "remember me" pada browser anda agar password tidak di ingat.
  • Pastikan koneksi internet yang anda pakai aman dan bisa dipercaya.
  • Hindari website-website yang belum anda ketahui, dan yang berbau malware, phising, atau virus injection.
  • Jangan pernah membuat foto atau video yang tabu (telanjang, sex, dsb) dengan alasan apapun, karena anda tidak akan pernah tau seberapa aman anda menyimpan file tersebut.
  • Jangan mengupload atau menyimpan foto atau video pribadi anda di media internet, jejaring sosial, komunitas, dan lainnya. 
  • Gantilah password anda di akun-akun penting anda dengan rutin.
  • Jangan pernah percaya penuh kepada seseorang di dunia maya apabila anda belum mengenalnya secara pribadi.
  • Jangan mengklik tautan yang menurut anda mencurigakan.
  • Jangan menjalankan sebuah program yang anda sendiri belum tau apa fungsinya.
  • Jangan membalas email atau sms yang tidak jelas pengirimnya.
  • Terakhir, usahakan untuk selalu update browser dan antivirus di komputer anda. Ini membuat komputer anda akan cepat tanggap apabila ada aplikasi atau program yang dianggap mencurigakan.
Sekian dulu dari saya, semoga hal ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan STOP CYBER CRIME!

Souce : Dailymail

Bagikan

Jangan lewatkan

Beware of The Cyber Bullies
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)