Rabu, 28 April 2010

Arti Dari Kata “News”



News, sebuah kata yang pastinya sangat tidak asing untuk di telinga kita.
Dimana arti kata dari news dalam Bahasa Indonesia adalah "berita", yaitu sesuatu yang mengabarkan fakta, ide, atau sesuatu yang baru yang benar-benar terjadi dan dibicarakan di di berbagai media dan penting untuk dikonsumsi orang banyak.
Tetapi, selebihnya apakah para bloggers mengetahui asal kata "news" ini? (semoga para bloggers sudah banyak yang tau, tapi banyak juga yang belum, agar info ini berguna)

Secara Etimologi "news" adalah..
News dikembangkan sebagai penggunaan khusus bentuk jamak dari "new" pada abad ke-14. Dalam Bahasa Inggris Pertengahan , kata ekuivalen adalah newes , seperti Perancis Nouvelles dan Jerman Neues . Pembangunan agak serupa ditemukan di setidaknya tiga bahasa Slavia ( Ceko , Slovakia dan Polandia ), di mana terdapat kata noviny ("berita"), yang dikembangkan dari kata Nový ("baru").

Tetapi, sebuah etimologi rakyat menyatakan bahwa Kata NEWS (berita) dalam bahasa Inggris berasal dari huruf-huruf pertama mata angin, north, east, south, dan west? Jadi "news" dimaksudkan menunjukkan bahwa informasi dikumpulkan dari semua penjuru dunia.  Yang dapat ditangkap oleh penalaran kita menjadi "seluruh arah yang dihubungkan menjadi satu, dan akhirnya munculah banyak fakta yang menimbulkan berita"




Lalu, sebenarnya fakta manakah yang benar?
Beberapa menyatakan, bahwa news benar adanya dari singkatan kata "Utara,Timur, Barat, dan Selatan", tetapi baru saja saya menemukan fakta unik bahwa ternyata news justru bukan berasal dari singkatan nama 4 nama arah mata angin tersebut.

Sebelum saya membahas lebih lanjut masalah ini, saya teringat perkataan salah satu pembimbing tes TOEFL saya beberapa waktu lalu, dia mengatakan bahwa news adalah gabungan dari keempat nama mata angin tersebut. Sedangkan saya berpendapat bahwa news berasal dari kata "new" yang menjadikan suatu pembahasan yang "baru" yang kemudian disebarkan kepada khalayak luas dan menjadi suatu yang patut diperbincangkan (lho? kok jadi mirip slogan salah satu infotainment ya? hehe).
Balik ke topik:
Saya sempat kagum dengan asal kata NEWS tersebut yang berasal dari nama empat mata angin. Tetapi, fakta yang saya temukan baru saja justru mengatakan sebaliknya.
Bersumber dari link: http://www.snopes.com/language/acronyms/news.asp
Saya menarik kesimpulan, bahwa saya lah yang benar mengenai asal kata "news" tersebut dibanding pembimbing tes TOEFL saya.
Ternyata, kata news benar berasal dari kata "new" yang sebenarnya adalah kata sifat (bukan kata benda) tetapi dapat memiliki makna luas.

Jadi, kesimpulannya. Asal kata news ternyata bukanlah dari gabungan nama keempat nama mata angin, tetapi dari kata "new" yang berartikan "baru" yang didukung bukan hanya dari arti kata "new" dalam bahasa inggris sehingga memiliki fungsi jamak. Tetapi didukung pula oleh beberapa bahasa lain seperti Rusian, Polandia, dan France.


SOURCE:

news.html

http://www.snopes.com/language/acronyms/news.asp

Bagikan

Jangan lewatkan

Arti Dari Kata “News”
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
28 April 2010 16.08

menarik nih...saya sependapat, analoginya aja bahwa berita itu adalah sebuah informasi yang baru, bukan berita namanya kalo informasi yang terkandung didalamnya sudah tidak asing lagi (sudah lama beredar)....

Reply
avatar
13 Mei 2010 09.30

wah,wah, bener berarti apa ayng saya pikirkan juga, saya sempat berpikir news itu kata tunggal, tetapi ketika ada kawan saya bertanya jamaknya news apa? saya bingung juga, berarti kalau news itu jamak, tiada pilihan lagi kata tunggalnya adalah new. setelah ubek2 kamus, ga nemu juga penjelasan mengenai kata ini, hanya nalar ayng bekerja,ketika terpikir sesuatu yang baru (dibaca new), memang harus disampaikan kepada yang lain. dan setelah mampir di blog ini, jadi makin yakin deh dengan penalaran sebelumnya, hehe.. makasih bro! :D

Reply

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)