Rabu, 12 Juni 2013

Potensi Teknologi Sixthsense Yang Luar Biasa

 

  Haii sobat, lama nih saya tidak posting posting artikel lagi karena kesibukan sehari-hari ya syuting filem, rapat negara, menjadi narasumber di tv dan lain-lain.. Wkwk.. Ga ah, saya cuma bercanda.. Hehe.. Teknologi yang berkembang disekitar kita saat ini sangatlah pesat, banyak hal-hal baru yang kita temui di sekitar kita, teknologi yang semakin memudahkan kita untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.
   Oke, sekarang saya ingin sharing nih.. ehm ehmm.. Beberapa minggu terakhir ini saya lagi tertarik dengan teknologi Sixthsense. Apa itu teknologi Sixtsense? Terdiri dari kata Sixth (keenam), dan sense (indra/perasa) berarti Sixthsense adalah indra keenam.. Pernah nonton filem "Indra Keenam"? Jadi bisa menerawang apa yang akan terjadi di masa depan begitu.. Hahaha.. Ah gak lah, jangan dianggap serius, saya cuma bercanda.. hehe..
   Menurut mbah Google, saya disuruh berkunjung ke Eang Wiki.. lalu saya temukan artinya, bahwa teknologi Sixthsense adalah teknologi yang menggunakan suatu perangkat alat input/output yang memungkinkan untuk menghubungkan dunia fisik dengan dunia digital. Uniknya teknologi ini menghapus gambaran kita selama ini bahwa alat input output hanya sebatas mouse, monitor, dan keyboard.
   Teknologi Sixthsense ini berkembang mulai tahun 2000 dan salah satu pelopor pengembangan teknologi ini adalah saya sendiri. Wakakak.. Jangan serius amat bos bacanya, sorry yang tadi jangan dianggap serius.. Salah satu pelopor pengembangan teknologi ini adalah Pranav Mistry, beliau adalah orang India yang sangat jenius.
   Prinsip Teknologi Sixthsense ini adalah menggunakan gerakan tangan dan jari-jari yang nantinya akan dipahami dan akan secara otomatis mampu memanipulasi informasi digital ke dalam dunia fisik. Canggih bukan? Bayangan kita saat ini hanya memasukan objek ke dalam informasi digital, tapi apa yang terjadi apabila informasi digital dapat kita tampilkan sebagai objek di dunia nyata? Binggo...! Teknologi ini adalah salah satu terobosan yang luar biasa untuk menjawab pertanyaan tadi.
   Oke kita lanjut lagi, teknologi Sixthsense terdiri dari beberapa komponen utama yaitu kerupuk, bumbu kacang, dan sayur. Halah itu mah komponen nasi pecel.. Hahaha.. Jangan marah, oke oke.. komponen utama teknologi Sixthsense terdiri dari Camera, Color Makers, Projector, Phone/Palm. Dengan begini kita dapat memanipulasikan data digital ke dalam sebuah objek nyata yang diproyeksikan, tanpa harus terikat lagi dengan mouse, monitor, ataupun keyboard.

   Nagh tadi kita sudah mengenal teknologi Sixthsense walaupun tidak sampai terlalu dalam, sekarang saya akan share tentang penerapannya di kehidupan sehari-hari. Karena sia-sia kan apabila kita mengetahui suatu teknologi tetapi tidak mengerti fungsi dan kegunaannya? Hehe.. oke kita lanjut lagi ya? Masih kuat bacanya? Yang ga kuat minum kopi dulu biar ga ngantuk, oke lanjut lagi berooo..
   Teknologi Sixthsense dapat menembus keterbatasan yang saat ini menjadi penghalang kita untuk mengakses informasi, lewat proyeksi yang secara langsung anda akan bisa memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan anda sehari-hari loh guys.. Beberapa contoh penerapannya seperti di bawah ini :

1. Anda dapat menggunakan dinding atau benda lainnya sebagai canvas untuk mengolah gambar tanpa harus lagi terikat dengan monitor.


 2. Anda dapat mengakses informasi seperti Foto, Gambar atau Map, lalu anda dapat membesarkan dan mengecilkannya hanya dengan gerakan jari anda.


3. Anda dapat kemana-mana membawa alat ini, lalu ketika anda menemukan objek yang cukup menarik anda bisa mengambil gambar objek tersebut menjadi sebuah foto/gambar hanya dengan gerakan jari anda, seperti mempotret dengan menggunakan jari anda.


4. Anda dapat membaca koran dan langsung melihat video beritanya secara langsung dengan mengsyncronize dengan koran digitalnya.


5. Anda dapat melihat ramalan cuaca secara langsung dan update terbarunya.


6. Anda dapat melihat status tiket penerbangan anda tanpa harus membuka aplikasi di gadget anda.


7. Anda dapat mengidentifikasi status orang yang anda temui.


8. Anda dapat bermain bola dimana saja ketika sedang bosan.


9. Anda dapat melihat jam, tanpa harus menggunakan jam tangan. Gila bukan? hehe


10. Anda dapat bermain game ataupun menonton filem pada selembar kertas.


11. Anda dapat menelpon teman anda dengan mengetikan nomor melalui telapak tangan anda.


12. Anda dapat memindahkan informasi dari sebuah kertas ke dalam objek digital, lalu bisa langsung di edit dan dapat di print kembali di kertas. Wow..!


   Masih banyak lagi pemanfaatan dari teknologi yang ditemukan oleh pak Pranav Mistry ini, bukankah sangat luar biasa apabila kita mengetahui teknologi ini? Tetapi ada yang lebih luar biasa lagi daripada apa yang sudah saya sharingkan di atas, yaitu apabila kita bisa memiliki teknologi tersebut dan bisa menggunakannya secara langsung. Hahaha..
   Yah, sekian dulu sharing saya.. Semoga Pranav Mistry dapat mengembangkan ini dengan lebih luar biasa lagi, dan semoga teknologi tersebut cepat menyebar untuk dijadikan pembelajaran di era teknologi yang baru. Kita tunggu saja perkembangannya nanti ke depan. Oke oke? Hehehe.. oke deh kalau begitu, saya undur diri dulu.. Terimakasih ya sudah menyempatkan waktu untuk membaca, sampai berjumpa di artikel selanjutnya.. Bubyeee..
Sumber : 

Bagikan

Jangan lewatkan

Potensi Teknologi Sixthsense Yang Luar Biasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

6 comments

Tulis comments
avatar
Herman
12 Juni 2013 13.00

Wih keren ya, berapa harga itu kira-kira?

Reply
avatar
Lukas G
12 Juni 2013 13.01

Wow apa pembajakan karya cipta juga akan semakin gencar kalo ada alat beginian..

Reply
avatar
Nurul Ayu
12 Juni 2013 13.02

Asik ya, apa sudah dijual umum ini min?

Reply
avatar
12 Juni 2013 13.10

Belum tau ya.. Mungkin jut jut atau mil mil an.. Haha :D

Reply
avatar
12 Juni 2013 13.13

Dimana ada positiv selalu ada sisi negatifnya, tapi menurut saya lebih banyak sisi positivnya sih bos.. hehe

Reply
avatar
12 Juni 2013 13.14

Setau saya sih belum, soalnya masih dikembangkan.. hehe

Reply

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)