Minggu, 01 Januari 2017

Catatan Akhir Tahun 2016

Akhirnya kita memasuki tahun 2017 dengan penuh harapan, semua doa doa yang mengalir di setiap hati kita memohon agar masa yang akan datang akan semakin baik lagi. Awal tahun 2016 kita awali dengan sedikit kejutan oleh teror bom di plasa Sarinah, Jakarta. Namun hal tersebut hanya membuat tersentak warga Indonesia untuk sehari saja, hari berikutnya kita sudah bisa lihat bangkitnya mental warga Indonesia dengan hastag #KitaTidakTakut bagi para pelaku terror.

Pertengahan tahun kita juga dibuat bingung setelah adanya reshufle kabinet kerja presiden setelah beberapa pekan sebelumnya ada beberapa partai oposisi yang akhirnya mendeklarasikan dukungannya untuk pemerintah. Namun hal ini juga menjadi tindakan untuk mengurangi kegaduhan yang dilakukan oleh beberapa orang di kabinet kerja sebelunnya.

Menjelang akhir tahun 2016 dengan lesu kita melewati beberapa bulan terakhir karena mewabahnya isu rasis, sara dan agama, baik itu secara langsung ataupun di media sosial. Tetapi saya yakin Tuhan memang sudah rancangkan hal tersebut untuk memberi kita pelajaran yang sangat berharga.
Pada akhir tahun munculah mata uang baru di negara ini dengan warna yang unik dan menampilkan beberapa tokoh dengan latar belakang suku, ras dan agama yang berbeda-beda. Tentu saja ini menjadi suatu pesan tersendiri dari pemerintah untuk menjaga Bhineka Tunggal Ika negara kita tercinta ini supaya kita tetap bersatu dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan pribadi tanpa memikirkan kepentingan publik.

Mungkin masih banyak lagi hal penting yang terjadi di sepanjang tahun 2016 yang tidak bisa saya sampaikan satu persatu, namun dari semua hal itu saya yakin kita semua akan semakin dewasa dan akan terus belajar dari kesalahan-kesalahan yang kita perbuat di tahun lalu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.

Akhir kata saya akan sampaikan hal yang menjadi renungan saya akhir tahun ini, terkadang kita tidak menemukan tempat yang nyaman untuk melangkah, ada kalanya kita harus berjalan melewati batu kerikil yang tajam, namun apapun yang terjadi jangan menyerah dan teruslah melangkah.
Goodbye 2016, Welcome 2017 !

Bagikan

Jangan lewatkan

Catatan Akhir Tahun 2016
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)