Jumat, 16 Maret 2018

Tips berkendara motor saat bepergian ke tempat yang jauh


Bepergian ke tempat yang jauh adalah suatu hal yang sering dilakukan oleh banyak orang, namun bagi sebagian orang memilih menggunakan kendaraan sepeda motor daripada transportasi lainnya seperti mobil dan pesawat terbang. Nah bagi kamu bikers yang suka berpetualang ke tempat yang jauh menggunakan sepeda motor ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini yah untuk menjaga agar perjalanan kamu tetap aman dan nyaman.

  1. Perlengkapan yang tepat sesuai dengan jarak tempuh
    Perlengkapan atau atribut yang tepat saat berkendara dengan jarak tempuh yang jauh adalah salah satu hal yang penting banget untuk kamu ketahui. Perlengkapan tersebut diantaranya seperti jaket, celana panjang, sepatu, masker dan sarung tangan. Selain membuat kamu lebih aman, perlengkapan tersebut juga menjaga kamu dari angin kencang dan teriknya matahari.
  2. Pastikan rem depan dan belakang masih berfungsi dengan baik
    Memastikan kondisi rem adalah salah satu hal yang sangat penting, karena sangat fatal apabila ketika perjalanan jauh rem anda dalam keadaan yang tidak baik maka akan bisa menyebabkan kecelakaan lalulintas.
  3. Pastikan motor sudah diservice setidaknya sebulan terakhir
    Kondisi motor yang fit juga mempengaruhi kenyamanan perjalanan kamu, jadi pastikan motor kamu sudah diservice bulanan yah agar tidak ada permasalahan-permasalahan yang sepele dan bisa membuat motor kamu mogok dan menghambat perjalanan kamu. Jangan lupa juga untuk mengganti oli, karena kalau motor dalam kondisi fit, tarikannya enak perjalanan kamu juga pasti akan semakin nyaman.
  4. Cek kondisi ban motor anda
    Untuk perjalanan yang jauh, ada baiknya anda mengecek kondisi ban anda apakah dalam kondisi yang optimal, seperti tekanan angin dan apabila ban sudah terlalu tipis akan lebih baik apabila diganti dengan yang baru supaya tidak bocor dijalan.
  5. Jangan membawa barang terlalu banyak
    Apabila anda dalam perjalanan yang jauh menggunakan sepeda motor, ada baiknya agar anda membawa barang seperlunya saja, tidak perlu terlalu banyak. Misalnya saja pakaian yang terlalu banyak atau oleh oleh yang berlebihan sehingga membuat anda berkendara tidak dengan posisi yang nyaman. Karena membawakan sesuatu bagi kerabat memang hal yang sangat menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan apabila anda sampai di tempat tujuan dalam keadaan yang selamat.
  6. Ada baiknya anda membawa sparepart untuk keadaan darurat
    Membawa sparepart motor untuk keadaan darurat memang perlu, apalagi bila anda melintasi rute yang mungkin memiliki kondisi jalan yang sepi dan tidak ada bengkel. Hal ini membuat anda bisa menyelesaikan keadaan yang tidak terduga. Nah peralatan yang wajib kamu bawa seperti kunci, obeng, tang dan pompa mini.
  7. Akan lebih baik apabila bepergian dengan seorang rekan / partner
    Apabila anda merencanakan untuk bepergian jauh, ada baiknya apabila anda membawa seorang rekan atau partner di perjalanan. Hal ini selain membantu anda apabila mengalami kelelahan, partner juga membuat anda tetap fokus diperjalanan. Selain itu apabila anda mengalami situasi yang tidak terduga dengan adanya partner maka akan ada orang yang menolong anda nantinya.
  8. Perhatikan cuaca saat anda bepergian
    Cuaca saat bepergian juga tidak kalah pentingnya nih guys, karena apabila cuaca panas akan lebih baik kita menggunakan jaket berbahan kain dan bila cuaca hujan atau mendung akan lebih baik menggunakan jaket berbahan parasut dan jangan lupa untuk membawa jas hujan.
Nah sekian dulu tips tips ketika kamu mau bepergian jauh menggunakan sepeda motor ya guys, semoga tips ini bermanfaat bagi kalian yang ingin bepergian atau berlibur. Semoga juga perjalanan kalian aman, nyaman dan sampai tujuan dengan selamat. Jangan lupa untuk tetap mematuhi rambu lalu lintas dan tidak menggunakan handphone saat berkendara. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber :

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips berkendara motor saat bepergian ke tempat yang jauh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
14 November 2018 17.27

Thanks tips nya mas, salah satu poin nya bener jangan lupa membawa spare part motor takut2 di jalan ada kejadian yang tidak diinginkan, dan baiknya membeli sparepart motor juga harus dari dealer resmi yang kualitas nya sudah terjamin https://yamaha-motor.co.id/partscatalogue

Reply
avatar
9 Januari 2019 17.21

Sebelum jalan jauh, siapkan motor anda dengan suku cadang ori yamaha pilihan. untuk mengetahui katalog pilihan klik di sini

Reply

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)