Sabtu, 06 Januari 2018

Benteng Vredeburg - Explore Yogyakarta

Hello travel lovers ! untuk kedua kalinya aku mengunjungi Benteng Vredeburg yang berlokasi di Jalan Margo Mulyo deket banget dengan lokasi Malioboro. Benteng ini awalnya dibuat sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda, di kala itu Belanda meminta ijin untuk membangun benteng tersebut dengan dalih agar mereka dapat menjaga keamanan keraton dan sekitarnya yang saat itu cukup memanas dikarenakan perselisihan antara Susuhunan Pakubuwono III dengan Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengku Buwono I kelak) yang adalah merupakan hasil politik Belanda yang selalu ingin ikut campur urusan dalam negeri raja-raja Jawa waktu itu. Alih alih ingin menjaga keamanan sekitar keraton, Belanda memiliki masud untuk mengontrol kondisi dan memantau segala perkembangan yang ada si kraton.

Nah sekilas dari sejarahnya benteng yang indah ini, sekarang tempat ini menjadi museum yang ramai pengunjung apalagi saat akhir pekan. Awal masuk ke tempat ini kamu sudah bisa merasakan bangunan khas kolonial Belanda yang masih menjadi daya tarik tempat ini, lalu di halaman tengah kamu akan disambut oleh beberapa patung pejuang dan tokoh yang unik banget.

Di museum ini menceritakan tentang perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan yang digambarkan dalam miniatur kecil dan dibagi menjadi beberapa ruangan terpisah. Museum ini memiliki tugas khusus dari kementrian dan kebudayaan untuk melaksanakan pengumpulan, perawatan, pengawetan, penelitian, penyajian, penerbitan hasil penelitian dan memberikan bimbingan edukatif kultural mengenai benda dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia di wilayah Yogyakarta.

Dibawah ini beberapa momen yang sempat saya abadikan ketika berada di tempat ini, apabila kamu mampir ke jogja mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu referensi wisata kamu di kota istimewa ini. Sekian dulu ulasan tentang Benteng Vredeburg Yogyakarta, ikuti terus ulasan tempat wisata lainnya ya.

Jam Operasional
Senin - Minggu : 07.30 - 16.00
Harga Tiket
Dewasa : 3K
Anak Anak : 2K
Wisatawan Asing : 10K
*informasi ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan di tempat wisata tersebut

gerbang utama benteng vredeburg

ruangan museum

patung yang berada di halaman tengah

miniatur yang menceritakan perjuangan kemerdekaan

miniatur yang menceritakan perjuangan kemerdekaan

miniatur yang menceritakan perjuangan kemerdekaan

Sumber :

Bagikan

Jangan lewatkan

Benteng Vredeburg - Explore Yogyakarta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)