Sabtu, 10 Februari 2018

Candi Prambanan - Explore Yogyakarta

Hello Travel Lovers ! Kali ini saya akan mengulas tentang Candi Prambanan yang berlokasi di Jogja, tepatnya di daerah Sleman, namun letak kompleks Prambanan ini cukup unik karena secara administrasi Prambanan terletak di Sleman, namun pintu masuk kompleks candi ini terletak di daerah Klaten. Maklum kompleks Candi Prambanan ini sangatlah luas, karena mencangkup beberapa lokasi candi lainnya diantaranya seperti Candi Sewu, Candi Kalasan dan Candi Plaosan. 

Nah Candi Prambanan sendiri termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO lho guys dan tidak main main, Candi Prambanan juga termasuk salah satu candi termegah dan paling indah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini ramping sesuai arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi utama yang memiliki tinggi mencapai 47 meter menjulang di tengah candi candi yang berukuran lebih kecil.

Awal masuk ke dalam kompleks ini, kamu akan langsung ditawari untuk membeli tiket kompleks Candi Prambanan saja atau tiket terusan ke Candi Ratu Boko. Kalau saran saya, akan lebih murah dan ga ribet apabila kalian beli tiket terusan saja langsung ke Candi Ratu Boko, nanti akan ada mobil yang mengantar kalian langsung kesana, karena sebenarnya lokasi kedua tempat ini tidak begitu jauh.

Sayangnya ketika aku lagi berkunjung kesini, cuaca lagi tidak bersahabat sehingga aku sedikit terburu buru karena hujan mengguyur begitu deras guys. Tetapi menikmati tempat ini seharian rasanya ga cukup, karena kompleksnya luas banget dan aku menikmati banget rasanya setiap spot candi yang ada di kompleks ini. Megah dan indah banget, bangga rasanya Indonesia memiliki salah satu permata sejarah yang harus kita jaga bersama.

Namun dahulu Candi Prambanan ini sempat terlantar lho akibat perang dan letusan gunung Merapi yang terjadi sekitar abad ke-16. Namun candi ini masih dikenali keberadaannya oleh warga sekitar dan justru warga Belanda lah yang memiliki inisiatif untuk menjaga reruntuhan candi tersebut, hingga akhirnya pemugaran besar besaran terjadi pada tahun 1918 yang berlangsung begitu lama karena ketidak stabilan pemerintahan saat itu, hingga akhirnya selesai dan diresmikan kembali pada tahun 1953 oleh presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno.

Ketika saya berkunjung ke tempat ini, saya melihat banyak reruntuhan dan patung patung yang rusak karena banyak faktor. Sempat saya bertanya apakah patung patung yang rusak tersebut boleh untuk diperbaiki? dan sebenarnya pemugaran bisa bisa saja terjadi, namun diharuskan sama persis dengan aslinya, oleh sebab itu diperlukan waktu penelitian yang lama. Nah, hal inilah kadang yang membuat saya nyesek juga di dada ketika melihat sisa sisa sejarah ini terbengkalai dalam jangka waktu yang panjang, kita doakan saja pemugaran terus berjalan dan aset ini akan tetap terjaga sampai seterusnya, karena ini adalah salah satu harta sejarah yang tidak ternilai harganya.

salah satu patung yang rusak dan reruntuhan di kompleks candi sewu
Berbicara tentang megahnya dan sejarahnya Candi Prambanan memang tidak akan ada habisnya, oleh sebab itu tempat wisata ini sangat saya rekomendasikan bagi kalian yang merencanakan liburan ke Yogyakarta. Semoga informasi singkat ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian ya guys, simak terus ulasan tentang tempat wisata lainnya di blog ini. Apabila kamu ingin membagikan pengalaman kamu tentang Candi Prambanan bisa tinggalkan komentar di bawah ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

halaman depan kompleks candi prambanan

menikmati indahnya taman di kompleks prambanan

lokasi candi sewu yang masih satu kompleks dengan candi prambanan
Sumber :

Bagikan

Jangan lewatkan

Candi Prambanan - Explore Yogyakarta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
Anonim
20 Juli 2018 09.26

wah bagus yah tempatnya..sangat menarik.
rental mobil jogja

Reply

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)