Rabu, 06 Januari 2016

Cara Mengatasi Masalah PDFMaker

Beberapa hari yang lalu saya mengalami masalah Convert PDF yang dimulai saat saya menginstall Microsoft Office di laptop saya. Sebelumnya Microsoft Office di laptop saya telah terhubung dengan adobe acrobat, sehingga bila ingin merubah file dari word ke pdf tinggal save saja.

Setelah saya install ulang Microsoft Office entah mengapa setiap saya convert data dari word ke pdf selalu terjadi error yang berulang dengan tulisan "Missing PDFMaker Files. Do you want to run the installer in repair mode?". Lalu saya klik Yes sehingga program secara otomatis menginstall ulang adobe acrobat kembali di laptop saya, namun apa yang terjadi selanjutnya? converter tetap error dengan pesan yang sama. 

Setelah itu saya mencoba conver melalui cara lain, yaitu dengan membuka Adobe Acrobat terlebih dahulu dan klik create pdf - from file, lalu saya memilih file dari ms. word yang telah saya simpan, namun error juga tetap terjadi.


Setelah itu saya googling, banyak saran-saran dari forum seperti install ulang adobe, update adobe ke versi yang terbaru, sampai dengan menginstall ulang kembali ms. officenya. Namun dari sekian banyak referensi cuma satu yang saya yakini masuk akal dan saya coba ternyata berhasil.

Ternyata masalahnya terdapat di ms. word nya dan berikut cara mengatasinya.
  1. Pada Ms. Word klik logo Microsoft Office yang terletak pada pojok kiri atas. ( Pada tutorial ini saya menggunakan Ms. Office 2007 ).

  2. Setelah itu klik pilihan Word Options dan pilih pilihan Add-Ins yang terletak pada tab sebelah kiri.

  3. Setelah itu lihat bagian bawah di Manage, klik pada dropdown dan pilih Disabled Items lalu klik tombol Go...
  4. Setelah itu pada kotak Disabled Items pilih Adobe Acrobat dan klik tombol Enable.
  5. Setelah itu silahkan buka ulang program ms.word dan acrobat anda, sekarang converter sudah bisa digunakan kembali.
Terimakasih telah membaca tutorial ini, bila masih bingung atau ada hal lain yang ingin ditanyakan silahkan komentar pada kolom dibawah, saya akan coba membantu sebisa saya. Hehe :)

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengatasi Masalah PDFMaker
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan tulis komentar anda dengan cerdas, sopan dan mudah dipahami. Terimakasih :)